Kelurahan Sabar Berikan Program Pendampingan 44 Anak Alami Stunting

Sawangan, Depoksatu.com

Sebanyak 44 anak dari 115 anak usia di bawah 24 bulan di Kelurahan Sawangan Baru (Sabar), Kecamatan Sawangan mengalami stunting.

Hal itu diungkapkan Neneng Parwanti, kader validator stunting didampingi Yesiwar Kepala Seksi Pelayanan  Masyarakat Kelurahan Sabar, Kecamatan Sawangan, Kota Depok disela-sela acara penyuluhan stunting tingkat Kelurahan.

“Hasil validasi yang kami lakukan jumlah anak stunting yang diikut sertakan dalam program pendampingan sebanyak 44 dari 115 anak, usia mereka di bawah 24 bulan,” ujarnya pada Senin (29/11/ 2021). 

Pendampingan yang diberikan dari mulai memberikan penyuluhan kepada orang tuanya  di antaranya memberitahukan tentang pola makan anak sehat dan makanan bergizi agar anak tumbuh sehat.

Bahkan para kader membawa makanan sehat sebanyak empat porsi untuk empat anak kepada sasaran stunting.” Sampai sekarang ini sudah hari ke 8 ada empat anak yang  selalu didampingi kader validasi stunting untuk diberikan makan sehat,” kata Neneng.

Sebelum diberikan program pendampingan, lanjut Neneng, berat badan bayi usia 16-18 bulan hanya 8 Kg, namun ketika diberikan makan makanan sehat secara berangsur naik berat badan naik menjdi 8,3 kg. kemudian dari 7,8 kg sekarang ini menjadi 8,2 kg.

Namun makanan sehat tersebut jumlahnya terbatas hanya untuk empat anak dengan jumlah empat  porsi yang dibiayai dari Kelurahan Sawangan Baru untuk 12 hari. “Pemberian makanan sehat masih terus dilakukan hingga 12 hari,” tandasnya.

Yesiwar menambahkan, pemberian makan-makan sehat kepada bayi usia dibawah 24 tahun kondisi stunting sudah dilakukan selama 8 hari. 

Namun diakuinya karena keterbatsan dana kelurahan sehingga makan makan sehat tersebut hanya diberikan kepada empat anak  hingga 12 hari.

“Keinginannya pemberian makanan sehat selama 30 hari sesuai dengan jumlah bayi stunting, tapi kita akan upayakan mencari bantuan,” pungkasnya.(dib)


Posting Komentar

0 Komentar