Triningsih Jadi Finalis Guru SD Inspiratif Tingkat Nasional

 

Sawangan, Depoksatu.com

Triningsih (35), guru SDN Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok sebagai finalis kategori guru SD Inspiratif di Hari Guru  Nasional (HGN) 25 November 2022 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Guru Pendidikan Dasar pada kegiatan Apresiasi GTK Inspiratif Tahun 2022.

Triningsih menjadi finalis bersama 20 profesi guru lainnya dari 4.524 peserta se Indonesia. Penghargaan ini diberikan tepat di HUT ke 77 HGN di Hotel di Hotel Novotel Mangga Dua Ancol.

Kepada wartawan saat ditemui Jumat siang (02/11/2022) di Sawangan Triningsih mengatakan, “Alhamdulillah keberhasilan di tingkat nasional sebagai finasil guru inspiratif didukung semua pihak termasuk Disdik Kota Depok,” katanya.

Kegiatan guru inspiratif ini di awali dengan membuat praktik baik pembelajaran dengan tema pembelajaran berdiferensiasi.  Sesuai dengan tema HGN Tahun 2022 “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar.” Setelah membuat praktik baik kemudian mengirimkan video  praktik pembelajaran melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

“Jadi, sebagai guru  bisa menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” terangnya. 

Praktik baik pembelajaran berdiferensiasi yang di berinama “Berdiferensiasi Sehat Dengan Sari Kurma” yang merupakan kepanjangan dari Siswa Kreatif dan Hasil Belajar Meningkat dengan Satu Hari Kuasai Materi, Resume, Modifikasi, Mentoring dan Apresiasi.

Pembelajaran tersebut juga sudah dibukukan dan Ber-ISBN dengan nomor 978-623-09-0638-1 serta sudah dicatatkan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia dengan nomor EC00202276828,. “Mudah-mudahan ini menginspirasi para guru khususnya di Kota Depok, buku  setebal 100 halaman ini sudah dicetak sejak Oktober 2022,” Ucap calon doktor Manajemen Pendidikan tersebut.

Dirinya juga berterimakasih kepada Kepala SDN Meruyung, para  guru, peserta didik kelas VC dan seluruh wali murid yang telah mensupport hingga meraih penghargaan guru inspiratif tingkat nasional. “Mudah-mudahan kedepannya  guru – guru lainnya di Kota Depok dapat terinspirasi dengan inovasi yang saya lakukan, sehingga dapat melakukan pembelajaran yang sama atau lebih baik dari yang saya lakukan. Sejatinya guru adalah murid yang harus terus belajar,” pungkasnya. 

Berikuy Prestasi lain yang pernah diraih Triningsih yaitu, 

1. Peserta Terbaik Diklat Prajabatan Tahun 2015

2.Juara Guru Berprestasi Tk Kecamatan tahun 2016,2019,2020

3.Juara Guru Berprestasi Tk Kota Depok Tahun 2020 dan 2022

4.Penerima Dana Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek Tahun 2022

5.Finalis Guru Inspiratif Jenjang SD dari Kemendikbudristek Tahun 2022

6.Penulis Buku ber-ISBN.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar