Subscribe Us

Pertama di Jawa Barat, Samsat Kerjasama Dengan Kwarcab Pramuka

 

Cilodong, Depok Satu

Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok II Cinere (Samsat Cinere) dan P3D Wilayah Depok I (Samsat Depok) melakukan kerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Depok untuk ikut serta mensosialisasikan tentang pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kerjasama tersebut diawali dengan pemberian pemahaman sekaligus sosialisasi terkait pajak kendaraan bermotor kepada Gerakan Pramuka (Geprak) di Kota Depok.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D)  Samsat Cinere, Enih Sri Murni mengatakan, sosialisasi ini untuk memperkenalkan kepada anggota Pramuka tentang kewajiban sebagai warga negara dalam membayar pajak. Salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor.

"Dengan sosialisasi ini minimal mereka mengetahui kewajiban membayar pajak dan selanjutnya bisa disampaikan kepada orang tua, teman dan tetangganya. Kita kenalkan bahwa pajak yang dibayarkan itu untuk menunjang pembangunan daerah," kata Enih didampingi Kasi Dapen Rina Parlina, Kasi Pentag Kuswanto, dan Kasubag TU Iis di gedung Pramuka Jalan Boulevard, Cilodong, Depok, Senin (14/06/21).

Dikatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan menyadarkan masyarakat untuk taat membayar pajak dengan harapan dapat mengurangi jumlah penunggak pajak (KTMDU)."Setiap tanggal 14 kita diwajibkan mengenakan pakaian Pramuka, namun jangan sekedar seremonial saja. Kita buat kegiatan dengan melibatkan anggota Pramuka Depok dengan memberikan pemahaman pajak kendaraan bermotor," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, sosialisasi ini merupakan suatu terobosan kerjasama antara Kwarcab Pramuka Depok dan P3D Samsat Cinere serta Samsat Depok.

"Saya berharap kerjasama ini ditindaklanjuti dengan MoU. Sehingga dapat mengetahui dengan jelas tugas kita apa. Mungkin ini terobosan pertama kali di Jawa Barat, Samsat Cinere dan Samsat Depok bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka," katanya.

Nina menjelaskan selama ini kontribusi bagi hasil pajak kendaraan bermotor untuk Pemkot Depok cukup besar hingga mencapai Rp 600 milyar pada tahun 2021."Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, kita bergerak memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk taat pajak," tandasnya.

Sosialisasi diselingi dengan tanya jawab dan disediakan pula puluhan doorprice. Hadir dalam acara tersebut Kapus Samsat Depok, Dadi Darmadi, Kasi Pentag Samsat Depok, Saefudin, dan Kasi Dapen Freddy Hermanto.(ndi)





Post a Comment

0 Comments