Budidaya Talas dan Bebek Hibrida Jadi Andalan Kampung Makmur


Bojongsari, Depok Satu
Kampung Makmur di Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Rabu (8/7) dilaunching.

Dalam kegitan itu secara simbolis diserahkan 5000 bibit tanaman talas dan 3500 bebek hibrida dari Bakrie Amanah bekerjasama dengan Yayasan Sabilul Ummah.

Khairul Mutaqin, Koordinator Program Pemberdayaan Bakrie Amanah mengatakan, tindak lanjut dari kerjasama Bakrie Amanah dengan Sabilul Ummah telah dilaunching Kampung Makmur.


Disebut Kampung Makmur, lanjut dia, karena kampung tersebut mendapatkan bantuan talas dan bebek, selain untuk ketahanan pangan juga pemberdayaan masyarakat. Dari bibit talas yang ditaman dalam waktu lima bulan adalah masuk masa penen, sedangkan bebek hibrida masa panen hanya dua bulan.

“Dengan adanya tanaman talas dan bebek hibrida di kampung ini menjadi makmur,” ujar Khairul di Rumah Kebun di kawasan Bojongsari Baru yang merupakan milik Yusra Amir, Ketua DPD LPM Depok.

Untuk jenis bebek yang akan dibudidayakan, lanjut dia, ada beberapa model, di antaranya mulai dari anakan, hingga bebek remaja. Dari sini oleh kelompok petani digemukkan  menjadi bebek pedaging yang nantinya bisa dijual sehingga nila ekonomisnya tinggi.

Sedangkan untuk talas, sambungnya, masa panen lima bulan kedepan bisa dijadikan bahan pangan atau makanan olahan, seperti kue bolu talas, mpe-mpe talas, bahkan bubur talas.

“Jadi kami jadikan ini (Bojongsari Baru) Kampung Makmur dan ini akan terus berkembang di sejumlah wilayah Depok,” tuturnya.

Sementara itu, masih di lokasi yang sama dilauncing pula Pedepokan Rumah Indonesia. Hadir dalam acara tersebut para anggota DPRD Kota Depok, Ketua DPD LPM Kota Depok Yusra Amir, Kasat Binmas Polrestro Depok Kompol Lumbun, Koordinator Gusdurian Mansyur Elfarizi dan elemen masyarakat lainnya.(Sud)

Posting Komentar

0 Komentar