Ajarkan Siswa Berkurban, YKS Sembelih Dua Ekor Sapi


Pancoran Mas, Depok Satu
Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS) pengelola SMK Lingga Kencana, SMP Islam YKS, Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Athfal di Jalan Raya Sawangan, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok menyembelih dua ekor sapi pada Hari Idul Adha 1441 H.

Ketua YKS, H Ujang Tajudin didampingi Rihadi BS, Humas sekolah tersebut mengatakan, qurban berupa dua ekor sapi diperoleh dari siswa dan warga setempat yang secara rutin diberikan saat Hari Idul Adha.

Daging qurban tersebut, lanjut dia, diberikan kepada  114 Kepala Keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat anak-anak yatim. “Kalo secara keseluruhan jumlah anak yatim yang ada di Yayasan YKS 173 anak, namun karena di dalam keluarga tersebut ada dua hingga tiga anak, jadi yang diberikannya sesuai jumlah Kepala Keluarganya, yakni 114 KK,” jelasnya.

YKS, dijelaskannya, adalah yayasan milik masyarakat Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok yang konsen dibidang pendidikan, namun setiap ada kegiatan qurban diprioritaskan adalah anak-anak yatim, termasuk pendidikannya. Hewan qurban juga disalurkan untuk para guru di YKS dan panitia.

Pemberian hewan qurban saat Idul Adha, dijelaskannya, merupakan kegiatan rutin di yayasannya yang sudah dilaksanakan sejak 11 tahun lalu. Dengan penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha 1441 diharapkan anak-anak yatim yang membutuhkan bisa terbantu.

Ditambahkan Rihadi BS, qurban bagi para siswa SMK Lingga Kencana, SMP Islam YKS, dan Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Athfal yang berada di bawah Yayasan Kesejahteraan Sosial merupakan bagian dari edukasi kepada siswa di sekolah ini, di mana mereka harus berbagi kepada yang membutuhkan.

Terlebih, lanjut dia, di saat pandemi virus corona  (Covid-19)  berbagai kepada yang membutuhkan sangat dianjurkan. Bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan tidak hanya pada saat Covid-19 namun saat bencana lainnya. “Jadi, siswa di YKS kita ajarkan para siswa untuk berbagi,” tandas Rihadi yang akrab disapa Oting.

Penyembilihan hewan qurban di YKS menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. (Deb)

Posting Komentar

0 Komentar