Penjaga SDN Sawangan 07 Manfaatkan Masa PJJ Percantik Sekolah

Abdul Hamadi saat mengecat kusen jendela memanfaatkan waktu luang dimasa PJJ

Sawangan, Depok Satu
Memanfaatkan waktu luang saat siswa belajar di rumah (BDR)  penjaga sekolah dasar negeri (SDN) di Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok memiliki kepedulian untuk menjadikan sekolah bersih dan rapih dengan melakukan pemangkasan pohon serta melakukan pengecatan sejumlah ruang kelas.

Al Hasil, SDN Sawangan 07 di Jalan Pemuda terlihat bersih dan rapih lantaran ketelatennya. Adalah Abdul Ahmadi (50), penjaga sekolah yang sudah mengabdi belasan tahun ini memanfaatkan waktu luang untuk merapihan sekolah tempatnya bekerja.

Meski bukan tugas dan fungsinya melakukan  pekerjaan itu, namun sebagai penjaga sekolah  ia mengerjakan dengan sukarela, karena tugas sebagai penjaga sekolah tidak hanya membuat sekolahnya aman, tetapi juga nyaman.

“Waktu luang saya digunakan sebaik-baik untuk mengecat ruang kelas dan kantor kepala sekolah dan merapihkan pohon serta menjaga kebersihan. Apalagi sebentar lagi musim hujan, halaman sekolah harus bersih,” kata Abdul Ahmadi, kemarin.

Kebetulan, lanjut dia, sejak Senin (13/7) sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sehingga siswa belajar di rumah melalui daring dan luring. Melihat keadaan sekolah yang tidak ramai oleh anak-anak digunakan untuk bebenah di sekolah.

“Kalo ada siswa belajar di sekolah akan repot untuk bebenah, karena saat jam istirahat mereka keluar ruang kelas ada yang jajan ada yang main, jadi kalo merapihkan sekolah harus kondisi seperti ini,” ujarnya, kemarin.

Memanfaatkan masa PJJ, ia menyibukkan diri dengan melakukan aktivitas pengecatan ruang kelas, hingga menata halaman sekolah. “Halaman sekolah ini nantinya saya tanami dengan tanaman hias, sehingga jadi indah. Tentunya, pepohonannya harus dibeli seijin kepala sekolah,” paparnya.

Kemudian, sambung dia, pohon yang sudah besar, seperti pucuk merah, dipangkas, sehingga bisa tumbuh kembali.

Dia berharap di masa pandemi Covid-19 siswa melaksanakan BDR, keberadaan sekolah tetap terawat dengan rapih, para guru  saat mengajar melalui daring-pun sangat senang.

 Kemauan dan ketelatenan Abdul Ahmadi, seorang penjaga sekolah jika diterapkan oleh sekolah lainnya dengan melakukan hal yang sama, tentunya membuat sekolahnya terjaga kebersihannya.(Deb)


Posting Komentar

0 Komentar