Ayo Depok Ajak Warga Bangun Perekonomian


Bojongsari, Depok Satu
Keinginannya menjadikan perekonomian masyarakat berkembang adalah tujuannya sehingga ia harus membuat branding agar masyarakat mengenali.  

Ayo Depok yang digagas H. Anwar, warga Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok memiliki tujuan mulia, yakni membangkitkan ekonomi masyarakat.

Secara hitung-hitungan ekonomi jika warga berbelanja kepada penduduk setempat senilai Rp50 ribu, dikalikan jumlah penduduk di wilayah tersebut maka akan menghasilkan nilai rupiah dalam jumlah besar.

“Ayo Depok ini mengajak warga ikut berbelanja yang dijual oleh penduduk setempat yang akhirnya uang tidak kemana-kemana, seperti membeli kebutuhan pokok hingga korek api sekalipun,” kata H. Anwar yang juga mulai mempraktikan sebagai produsen tahu hingga peternakan di kawasan Bukit Sawangan Indah, Senin (3/8/2020) 

Dengan demikian, lanjut Anwar,  penduduk asli di Curug tidak akan tergurus karena memiliki usaha. Selain itu, tanah milik warga tidak akan dijual lantaran mereka memiliki usaha yang ditopang oleh masyarakat dari membeli barang yang dijualnya.

“Ayo Depok ini didirikan lantaran prihatin melihat penduduk di Curug hingga menjual lahanya, kemudian tersingkir dengan keadaan,” ujarnya.


Dari pemikiran itu, dikatakan ia mencoba membangun perekonomin skala kecil dengan membuat program usaha, di antaranya suplay beras. Meski tanam beras tersebut tidak di daerah Depok, namun beras ini sudah disuplay melalu Pondok Pesantren.

Namun demikian, lanjut Anwar,  dirinya tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun perekonomian warga, tetapi banyak melibatkan orang banyak. 

“Contoh jika seseorang memiliki keahlian membuat dodol, jangan juga memasarkannya, serahkan kepada kami untuk dipasarkan, sehingga usahanya bisa maju dan berkembang,” tukasnya. 

Pemikiran membangun ekonomi di Curug, dijelaskannya, sudah dijajagi sejak 4 tahun lalu, saat itu dirinya betemu dengan warga Curug dan memberikan pencerahan dalam dunia usaha, namun setelah dimotivasi tidak jalan juga, hingga akhirnya diputuskan untuk membangun pabrik tahu dan peternakan.

“Ketika saya mengajak warga Curug untuk usaha sesuai keahliannya. Tujuannya agar mereka tidak menjual lahannya, sebaliknya  membangun usaha. Tapi yang terjadi, tidak ada yang jalan,” paparnya.

Melalui Ayo Depok ini diharapkan warga peduli membeli produk  warga, dari kebutuhan sembako, makanan ringan, maupun minuman ringan sehingga warga tersebut ikut  membangun perekononiam warga setempat.

Diharapkan Ayo Depok ini tidak hanya di wilayah Curug, Kecamatan Bojongsari, tapi bisa merambat ke kelurahan lain.(Deb)

Posting Komentar

0 Komentar