Kesbangpol Gencarkan Sosialisasi Pilkada 2020


Balaikota, Depok Satu
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kembali menggelar sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bagi camat, lurah dan seluruh perwakilan RW. 

Sosialisasi melalui aplikasi zoom tersebut, dimaksudkan memberikan pemahaman terkait tahapan Pilkada Kota Depok pada Desember 2020.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Hakim Siregar mengatakan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi tahapan Pilkada dengan tujuan agar masyarakat terus mengetaui hak mereka dalam pesta demokrasi memilih kepala daerah. 

“Yang kami sampaikan kepada para peserta adalah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih. Kami juga menghadirkan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok,” ujar Hakim usai kegiatan di Depok City Operation Room (DeCOR), lantai 5, Balai Kota Depok, Rabu (05/08/20).

Dikatakannya, pihak KPU sebagai penyelenggara pemilu telah menyiapkan tahapan Pilkada di masa pandemi Covid-19.  Mulai dari pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data,  tata cara pemungutan hingga rekapitulasi penghitungan suara dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ini yang kami coba sosialisasikan kembali agar nanti Pilkada dapat terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Kota Depok, Mahadi Rahman Harahap menambahkan, setiap sosialisasi, pihaknya selalu menekankan pada tiga poin penting. Pertama, masyarakat harus memastikan namanya ada pada daftar pemilih. Kedua, sambungnya, masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ketiga yaitu masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas. 

“Jadi harus tahu lokasi TPS-nya, siapa calon-calonnya. Ini penting, karena setiap suara menjadi faktor penentu Kota Depok dalam lima tahun ke depan. Maksimalkan era digital ini untuk mencari informasi,” tandasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar