MPLS Bantu Masyarakat Kembangkan Usaha Bir Pletok

Bojongsari, Depok Satu.com

Kepedulian MPLS (Masyarakat Peduli Lingkungan Sehat) membantu Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dalam kondisi pandemi Covid-19 patut diacungi jempol.

Di bawah Yayasan Memayu Hayuning Roso bergerak di bidang pendidikan,  kesehatan dan sosial memberikan modal usaha bagi warga berupa Bir Pletok di wilayah Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

"Memang program kami selain masalah kesehatan juga masalah pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat yang serius untuk mengembangkan usahanya atau mau membuka usaha, " jelas Aji Sucipto selaku Bendahara MPLS dan Pengawas Yayasan Memayu Hayuning RosoRoso, Jumat (21/01/21). 

Dikatakannya, bantuan yang diberikan MPLS saat ini berupa bantuan modal dan barang, di antaranya, beberapa mesin jahit, obras dan modal usaha makanan dan minuman. 

"Saat ini udah ada 15 anggota yang diberikan bantuan oleh MPLS yang berupa barang dan modal, mesin jahit untuk anggota yang biasa menjahit, makanan dan minuman untuk yang benar benar niat usaha atau dagang, " terangnya. 

Sementara, kegiatan ini masih bersifat swadaya, bantuan berupa dana dan barang bersifat lunak, tidak wajib untuk dikembalikan, namun, apabila anggota yang sudah berhasil menjalankan usaha harus membagi hasil untuk kas MPLS, bertujuan uang yang sudah terkumpul bisa di manfaatkan kepada anggota baru. 

Ditempat terpisah, Ketua MPLS Israwan Nugroho mengatakan, program pemerdayaan ekonomi masyarakat bukan saja diberikan bantuan modal dan barang, juga diberikan bimbingan dan pengwasan, hal ini demi kelangsungan berkelanjutan dalam menjalankan usaha baru kepada anggota binaan. 

"Sementara MPLS memberikan bantuan lebih banyak di barang, soalnya kalau kita berikan modal takutnya abis, kondisi saat ini lagi sulit soalnya," jelas Israwan. 

Lebih lanjut dikatakannya, apabila ada dermawan yang mau membantu program kesejahteraan melalui peningkatan usaha masyarakat kecil MPLS siap menyakitkan. 

"Berharap sehat bukan sehat lingkungan saja, sehat ekonomi, sehat pendidikannaya. Kita sebagai masyarakat, intinya hidup harus bermanfaat bagi masyarakat, " ucapnya

Untuk itu, dengan bantuan dan binaan yang di berikan MPLS, anggota lebih tekun dan fokus dengan bidang yang dijalankan, jangan ragu dalam melangkah meskipun secara bertahap. 

Edy si penjual Bir pletok minuman khas Betawi yang mangkal di depan Steam RT 02/05 Jalan Terusan H. Nawi Malik, Kelurahan Serua salah satu anggota binaan MPLS senang dengan usaha barunya membuka minuman hangat khas Betawi Bir Pletok. 

"Ini usaha baru buat saya, pengalaman membuat Bir Pletok cukup lama, alhamdulillah MPLS memberikan bantuan tambahan modal sekaligus binaan untuk membuka minuman hangat Bir Pletok, " Jelas Edy. 

Dikatakannya, sejak mendapatkan bantuan modal akan terus fokus usaha minuman kesehatan. Buka setiap hari dari pukul 17:30 sampai 24:00 wib harga cukup terjangkau, cocok untuk kondisi pandemi seperti ini. (Deb)


Posting Komentar

0 Komentar