Cegah Pencemaran Lingkungan, Minyak Jelantah Ditukar Sembako

 

Bojongsari, Depok Satu

Minyak jelantah (minyak goreng sisa ) bisa menjadi barang manfaat di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

Pasalnya, minyak goreng sisa itu bisa ditukar dengan sembako hingga emas (logam mulia) melalui Komunitas Rumah Keluarga Indonesia (RKI) bekerjasama dengan Kelurahan Pondok Petir (Pontir).

Menurut Riski Kusuma Wardani, selaku panitia penyelengara. Minyak jelantah di sini dapat ditukar dengan sembako, hingga logam mulia. Namun,  jumlah liternya disesuaikan.  

Kegiatan ini, lanjut dia, sekaligus launching minyak jelantah dengan target 500 liter. “Minyak jelantah ini nantinya dikumpulkan melalui Koperasi Si Jelita (Inspirasi Jelantah untuk Lingkungan Kita) dan diperuntukkan untuk bahan bio disel. Selain itu, minyak jelantah juga bisa menjadi sabun,” kata Riski disela-sela launching minyak jelantah di halaman Masjid Jami Nurul Yaqin, RT 01/RW 02 Kelurahan Pondok Petir pada Sabtu (03/04/2021).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, minyak jelantah ini merupakan gerakan yang luar biasa bagus, kemudian juga ada koperasinya yang menampung.

 Selain itu, lanjut dia, minyak jelantah  menjadi barang yang bermanfaat  mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. “Gerakan ini harus massif se-Kota Depok di setiap kecamatan dan kelurahan. Mudah-mudahan ada penggeraknya,” ujarnya.

Imam juga bersyukur, bahwa kawan-kawan komunitas mau menampung minyak bekas ini dengan cara ditukar sembako. “Minyak jelantah jangan dipake terus menerus karena bisa menyebab penyakit kanker. Jangan juga dibuang ke got karena bisa terjadi pencemaran,” ulasnya.

Melalui komunitas pengumpul minyak jelantah dengan sembako, ditambahkannya, minyak sisa ini akan menjadi barang manfaat, sehingga akan tumbuh perekonomian di masyarakat.

Lurah Pondok Petir, Rizal Farhan mengungkapkan, pengumpulan minyak jelantah sudah jalan tiga tahun di wilayah ini karena kondisi Covid-19 sehingga baru sekarang dilaunching di mana minyak tersebut bisa ditukar dengan sembako.

Dia berharap setiap RW di Pondok Petir  bisa mengumpulkan sisa minyak, sehingga menjadi barang manfaat.

“Di Pondok Petir ada 19 RW jika minyak jelantah dikumpulkan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di saat pandemi Covid-19 , karena minyak tersebut menjadi barang yang manfaat,” pungkasnya. dib

Posting Komentar

0 Komentar