BBI Bantu Benih Ikan Konsumsi Ke MSD

Bojongsari, Depok Satu

Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok memberikan bantuan bibit ikan kepada komunitas wartawan Media Sahabat Depok (MSD).

Bibit ikan sebanyak 2.500 ditebar di empang  areal sekretaris MSD di kawasan Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari.

Nur Hidayat, Kepala UPTD BBI Kota Depok mengatakan, bantuan bibit ikan yang diberikan kepada komunitas wartawan MSD sesuai permohonan yang disampaikan  sehingga bisa direalisasikan.

Jenis ikan yang diberikan, ditambahkanya, ikan gurame sebanyak 500 ekor, ikan tawes sebanyak 1.000 ekor dan ikan nila sebanyak 1.000 ekor. “Ikan nila sekitar tiga bulan bisa panen, tawes sekitar 4 bulan,  sedangkan ikan gurame agak lama sekitar 8 bulan baru bisa konsumsi,” terang Hidayat pada Kamis (3/6/2021).

Bantuan bibit ikan yang dilakukan BBI, lanjut dia, tidak hanya kepada masyarakat pembudidaya ikan, namun juga komunitas lainnya di antaranya untuk program ketahanan pangan yang diselenggarakan Kodim 0508 Depok. 

Mengenai produksi di BBI, diungkapkannya tidak bisa diprediksi, karena ada masa kempes telur di mana ikan tidak bisa produksi. Namun, ditambahkannya pihaknya menargetkan per tahun sekitar 200 ribu ekor.

“Jadi BBI Kota Depok  memproduksi sekitar 200 ribu ekor per tahun dengan berbagai jenis ikan konsumsi,” ujarnya.

  Sementara itu untuk fasilitas di BBI, Hidayat menyebutkan penyediaan kelengkapan didukung APBD, termasuk bibit ikan  yaitu seperti penyediaan Nila dari penangkaran di Sukabumi oleh kementrian perikanan, Nila dari Wanayasa Purwakarta, dan gurame lokal dari daerah Ciseeng.

Ditambahkannya, untuk tempat kita memiliki luas area 2 Hektare di Kelurahan Duren Mekar dan terdapat 60 kolam yaitu terdiri dari tanah, semi permanen, dan permanen.  Untuk kolam tanah buat indukan, dan semi permanen untuk pemisahan. 

"Sekarang kita sedang pengembangan ikan hias jenis ikan cupang alam sebagai pilot project pemerintah. Lalu tahun ini kita fokus mengembangkan ikan jenis koi dan tetra yang lagi sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Presiden MSD, Rahmat Tarmuji mennyatakan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, khususnya UPTD Balai Benih Ikan  yang telah membantu menyalurkan benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor. 

"Benih yang telah diberikan semoga dapat dikembangkan oleh para temen-temen wartawan yang juga mendukung penuh program pemerintah dalam ketahanan pangan di tengah masa pandemi sekarang ini," tambahnya. 

Mantan Wakil Ketua PWI Depok Periode 2018 - 2021 ini berharap bantuan yang ada ini menjadi stimulus bagi teman-teman wartawan untuk dapat mengisi kesibukan selain dalam menulis berita. Sudibyo

Posting Komentar

0 Komentar