Aparatur Kelurahan Pontir Berikan Pelatihan Desain Grafis

 

Bojongsari, Depoksatu.com

Aparatur Kelurahan Pondok Petir (Pontir) memberikan pelatihan pembuatan desain grafis kepada Karang Taruna, pelaku UMKM, kader PKK dan Posyandu.

Tujuan kegiatan ini agar nantinya mereka bisa memahami sehingga bermanfaat sebagai peluang usaha. 

Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Pondok Petir, Yuli Lestari mengatakan, pelatihan  pembuatan desain grafis ini diberikan oleh Yulius atau disapa akrab Andri dari Kecamatam Bojongsari . 

Menurutnya, kegiatan ini cukup mudah bisa menggunakan  Handphone sehinggga  para peserta dapat mendesain sesuatu yang menarik untuk mengisi konten sesuai kebutuhan.

“Bagi peserta jika sudah memahami diharapkan bisa memberitahukan kepada teman yang lain agar mereka bisa mendesain sesuai keinginan,” paparnya pada Kamis  (18/11/2021) di Aula Kelurahan Pondok Petir.   

Kegiatan bertemakan  Pelatihan Potensi dan Sumber Kesejahtersn Sosail (PSKS)  menghadirkan nara sumber di bidang desain grafis .  

Menurut Andri mendesain seperti poster, konten medsos, maupun pariwisata bisa dilakukan dengan baik, namun perlu kesabaran dan memahami kontennya sehinggga tidak kehabisan gagasan. 

Dirinya juga berbagi pengalaman saat diminta  untuk membuat desain botol kecap, sedangkan bahannya hanya sebuah botol. Membuat desain botol ini harus  yang semenarik mungkin sehingga perlu ide atau gagasan agar botol tersebut memiliki daya tarik sendiri. 

Singkat kata, ujar Andri, botol yang telah di desain tersebut dinilai menarik setelah  diberi kreasi dan warna. “Jadi mendesain itu kaya akan inovasi dan kreasi agar hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Andri juga memberikan tips mendesain,  yaitu cari gambar yang mudah dimengerti, jika perlu untuk konten cari berita yang sedang hangat. 

Dengan desain demikian  membuat masyarakat cepat melihat desain yang kita buat, kemudian tidak boleh  membuat desain  SARA (suku, agama ras dan antargolongan ). Untuk desain profil misalnya jika ada foto lurah agar meminta izin terlebih dahulu kepada  lurah sebelum mendesain. Karena ini etikanya.

Agung Purnama Ketua Karang Taruna selaku peserta mengungkapkan,  kegiatan yang dilakukan aparatur pemerintah Kelurahan Pondok Petir  terkait dengan pelatihan desain grafis, sangat berarti sekali karena ini untuk kalangan anak muda yang memiliki kreativitas. 

“Kami mendukung kegiatan ini jika dilakukan dengan jumlah peserta lebih banyak lagi ,” ujarnya.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar