Kelurahan Sawangan Baru Launching Posmaja

Sawangan, Depoksatu.com

Kelurahan Sawangan Baru (Sabar) melaunching Posyandu Remaja (Posmaja) Kenangan  di RW 09. Peresmian Posmaja ini merupakan pertama kali di wilayah Kecamatan Sawangan, Kota Depok. 

Posmaja ini  merupakan implementasi kesehatan bagi para remaja, termasuk konseling bagi para remaja. Peresmian Posmaja dilakukan Ketua PKK Sawangan Ade Masnunah S.Pd pada Rabu (22/12/2021) berkaitan dengan peringhatan Hari Ibu ke 93.

Kegiatan tersebut dihadiri  PLKB Kecamatan Sawangan, Fatmaniar, Kasi Kemas Kelurahan Sawangan Baru, Yesiwar dan dr Lina serta dr Putri perwakilan Puskesmas Sawangan.

Rahwana, Lurah Sawangan Baru mengatakan, Posmaja merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang secara kelembagaan dibina aparatur kelurahan dan secara teknis kesehatan di bawah binaan Unit  Pelayanan Teknis Dinas  (UPTD) Puskesmas.  

Dikatakan lebih lanjut, Posmaja  dibentuk oleh masyarakat kelurahan dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi remaja, terutama pendidikan keterampilan Pola  Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS), pelayanan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa,dan pencegahan penyalahgunaan Nafza ( narkotika dan psiko tropika), gizi, aktifitas fisik dan pencegahan Penyakit Tidak Menula ( PTM).

“Posmaja  sama dengan  posyandu biasa hanya  pengurusnya merupakan para remaja, angggotanya remaja, dan  sasarannya merupakan remaja,” ujar Rahwana pada Kamis (23/12/2012) di ruang kerjanya. 

Posmaja Kenanga  dijelaskannya, merupakan yang  pertama di Kelurahan Sawangan Baru dan yang pertama pula di wilayah Kecamatan Sawangan yang sudah diluncurkan. 

Dengan  adanya Posmaja Kenanga Diharapkan menjadi role model bagi Posmaja di RW lainnnya  di wilayah  Kelurahan Sawangan Baru. 

“Harapannya adanya Posmaja dapat berkontribusi menurunkan angka stunting dan Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi ( AKB ),” pungkasnya. Peresmian Posmaja Kenangan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua PKK Kelurahan Sawangan Baru.(dib)





Posting Komentar

0 Komentar