Petugas Puskesmas Lakukan Kegiatan Ketuk Pintu Rumah Pasien TB

 

Sawangan, Depoksatu.com

Aparatur pemerintah Kelurahan Pasir Putih melepas petugas kesehatan Puskesmas Pasir Putih dan para kader untuk melakukan kegiatan ketuk pintu  terkait hari TB (Tuberkulosis) se-dunia.

Menurut Umar, Sekretaris Kelurahan Pasir Putih meski hari TB se Dunia jatuh pada 24 Maret, namun perhatian yang diberikan terhadap pasien TB secara berkelanjutan dilakukan.

Seperti saat ini mengelar kegiatan ketuk pintu bagi pasien TB  yang ada di wilayah Kelurahan Pasir Putih. Kegiatan tersebut, lanjut Umar, melibatkan para kader yang peduli terhadap kesehatan dan petugas kesehatan Puskesmas Pasir Putih.

“Kader peduli kesehatan dan Petugas kesehatan Puskesmas ini  mengetuk pintu terhadap rumah pasien TB dengan membawa bingkisan berisi susu dan sejumlah jenis biskuit untuk diberikan ke mereka,” ujarnya di Kelurahan Pasir Putih, usai melepas kegitaan ketuk pintu terkait dengan hari TB se-dunia pada Kamis (9/12/2021)

Selain membawa makanan sehat, lanjutnya, petugas kesehatan dan kader peduli kesehatan nantinya bisa melakukan komunikasi terkait kondisi kesehatannya termasuk menanyakan obat yang harus diminum.

Karena, lanjut dia, ditemukan pasien TB tidak meminum obat sehingga penyakitnya tidak kunjung sembuh. Bahkan petugas Puskesmas Pasir Putih memmergoki penyakit TB sedang merokok. 

“Ini tidak boleh dibiarkan dan pasien tersebut harus diingatkan agar penyakitnya segera sembuh,, Untuk itu pasien TB biasakan berperilaku hidup sehat, ” ujarnya.

Dia berharap kepada keluarga pasien TB harus  mengingatkan agar meminum obat secara rutin dan  mengawasi untuk tidak melakukan pelanggaran yang dilarang oleh dokter maupun petugas kesehatan.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar