Puskesmas Sawangan Bentuk Kampung Peduli TB Paru

Sawangan, Depoksatu.com

Puskesmas Sawangan membentuk Kampung Peduli TB Paru (Kapitu) di setiap  RW satu kader di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Tujuan pembentukan Kampung Peduli TB Paru untuk mempermudah pengambilan obat di Puskesmas. Selain itu mengingatkan pasien untuk  meminum obat secara rutin

Menurut Ika Tari, penanggung jawab TB, Puskesmas Sawangan, dibentuknya Kampung TB Paru dengan satu kader satu RW di Kelurahan Sawangan Baru untuk mempermudah pasien TB dan Paru meminum obat.

Melalui kader Kapitu  pasien TB Paru diingatkan meminum  obat. Jika obat yang dubutuhkan pasien habis bisa dibantu dengan berkoordinasi  pihak Puskesmas. 

“Di Kelurahan Sawangan Baru jumlah pasien TB Paru ada 15. Mereka harus meminum obat rutin selama 6 bulan paling lama satu tahun. Intinya terhadap pasien  TB Paru harus semangat minum obat supaya cepat sembuh ,” ujar Ika didampingi Yesiwar, Kepala Seksi Kemas sebelum pembentukan Kampung Peduli TB Paru (Kapitu) di Kelurahan Sawangan Baru pada Rabu (8/12/2021).

Yesiwar menambahkan  keluarga pasien juga ikut mendukung  kesembuhan pasien supaya cepat pulih  dengan mengingatkan meminum obat karena obat TB Paru diminum secara rutin dengan waktu cukup lama.(dib)


Posting Komentar

0 Komentar