Pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kota Depok

Cilodong, Depoksatu.com

Pemerintah melalui BKKBN melakukan strategi penurunan stunting dengan Program Bangga Kencana. Program Bangga Kencana merupakan akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana merupakan salah satu program unggulan dari BKKBN, dengan Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

 Berdasarkan nilai batas untuk kesehatan masyarakat menurut WHO tahun 2019. prevalensi balita stunting di Kota Depok tahun 2022 adalah sebesar 3,42%. Selain kasus stunting, capaian be-KB di Kota Depok juga masih rendah. 62,1%

keluarga di Kota Depok adalah Pasangan Usia Subur (PUS), namun hasil data rutin tahun 2021, nilai MCPR (Modem Contraceptive Prevalence Rate) atau Persentase cakupan peserta KB aktif dibandingkan dengan jumlah PUS di suatu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu tercatat diangka 51,12%.

Menurut Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat & Keluarga, Nessi Annisa Handari, kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi terus dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya DP3AP2KB melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) mewujudkan Program Bangga Kencana menuju keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan sehat. 

Adapun kegiatan yang mendukung Program Bangga Kencana dikatakannya, diantaranya: Pelaksanaan Audit Kasus Stunting Kota Depok, Penguatan Kampung KB di 127 RW Kampung KB Kota Depok, Pembinaan terhadap Fasilitas Kesehatan pemberi layanan KB di Kota Depok, Roadshow penyuluhan KB Pria di 11 Kecamatan, dan Pelaksanaan Metode Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi dan Metode Operasi Pria (MOP).

“(MOP) atau vasektomi GRATIS bagi warga Depok ataupun yang berdomisili di Kota Depok. Pelayanan KB GRATIS untuk metode IUD dan Implant di 11 Kecamatan di Kota Depok,” ujarnya dalam press release Jumat (04/11/2022). 

 Updating data keluarga melalui pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2022 (PK-22), sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Instruksi BKKBN untuk menyiapkan hasil pendataan keluarga guna mendukung penetapan kebijakan dalam intervensi penghapusan kemiskinan ekstrem termasuk penurunan stunting.(dib)


Post a Comment

0 Comments