25 Bumil Diedukasi Penangulangan TB dan HIV

Sawangan, Depoksatu.com

Sebanyak 25 Ibu hamil (Bumil)  mengikuti kegiatan penanggulangan TB dan HIV  di aula Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Silvi Eka Maryandari, dokter UPTD Puskesmas Sawangan yang juga sebagai narasumber mengatakan,  kegiatan ini merupakan  penyuluhan sekaligus deteksi dini terkait dengan pencegahan penularan HIV.

Para pesertanya, lanjut dia, merupakan ibu hamil sebanyak 25 orang. Kegiatan ini sambung dia, sangat penting dilakukan mengingat sangat potensi sekali apabila tidak diskrining.

“Apabila ibu hamil ini menderita HIV bisa menularkan ke bayi,” ujarnya saat ditanya sebelum pembukaan kegiatan panggulangan TB dan HIV  pada Senin (10/4/2023).

Bayi merupakan aset bangsa, dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini ibu hamil bisa terdeteksi lebih dini untuk penyakit terutama HIV.

Mengenai TB, dikatakan lebih lanjut,  biasanya ibu hamil juga dilakukan skrining  kalau memang ada indikasi misalnya ada batu-batuk lama atau misalnya satu rumah ada kontak erat  penderita TB  kita lakukan seperti  cek dahak pada ibu hamil dan apabila terdeteksi akan segera dilakukan pengobatan.

Dengan kegiatan ini, ditambahkannya, semakin menambah wawasan atau pengetahuan  warga  masyarakat Depok khususnya bagi para ibu hamil bahwa pencegahan HIV itu sangat penting untuk mengetahui dilakukan deteksi dini bagi ibu hamil, karena  untuk kesehatan ibunya dan juga kesehatan bayi.

Kegiatan tersbut dibuka Lurah Sawangan Baru, Rahwana didampingi Kasie Kemasyarakatan Yesiwar sebagai penyelenggara kegiatan. Hadir kader PKK dan Posyandu. (dib)

Posting Komentar

0 Komentar