Ini Kata Kabid Pembinaan SD Kota Depok Terkait Sanlat di Bulan Ramadhan

Suasana rapat koordinasi para pengawas SD dan para kepala UPTD SD se-Kecamatan Sawangan di Sekretariat PGRI Sawangan, Kota Depok.


Sawangan, Depoksatu.com

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok, Awang Buang mengatakan, kegiatan pesantren kilat (sanlat)  Ramadan di sekolah dasar yang diikuti para siswa bertujuan memberikan pembiasaan, seperti praktik wudhu,  praktik salat sunnah, praktik salat wajib, dan pengumpulan infaq dan sodaqoh.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, dibimbing para guru secara langsung di sekolah dasar. Kegiatan ini, ditambahkannya, dimulai pukul 07.30 hingga selesai. 

Hal itu dikatakannya saat rehat rapat koordinasi dengan para pengawas SD dan kepala UPTD SD se Kecamatan Sawangan  di Sekretariat PGRI Sawangan, Kota Depok pada Rabu (5/3/2023). 

Mengenai kegiatan infaq dan sodaqoh yang dikumpulkan, dijelaskannya, uang tersebut kemudian dikembalikan lagi untuk kegiatan santunan diberikan   kepada siswa kategori tidak mampu atau siswa yatim di sekolah masing-masing.

“Ini merupakan praktik pembiasaan siswa di sekolah di bulan Ramadan, semoga dari kegiatan positif ini kelak selalu tertanam untuk melakukan perbuatan amal soleh,” paparnya. 

Sementara itu, di SDN Cinangka 02 di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok diselenggarakan kegiatan pesantren kilat (sanlat). Kegiatan tersebut dilakukan sejak Senin, 3-6 dan 14 April 2023 menggelar kegiatan santunan yatim. 

Menurut Hasan Hadiwijaya, guru setempat, sanlat diikuti 444 siswa SDN Cinangka 02 dari kelas 1 hingga 6. Kegiatan sanlat, sambung dia, dibagi dua sesi, pagi untuk kelas 1, 2 dan 3 kemudin berikutnya kelas 4, 5 dan 6.

“Kegiatan dilaksanakan sejak Senin, 3-6 dan 14 April 2023 yang dirangkai kegiatan santunan sebanyak 25 siswa yatim dan para dhuafa sekitar sekolah yang diberi nama indahnya berbagi,” pugkasnya. (dib)


Posting Komentar

0 Komentar