Kelurahan Sawangan Baru Peduli TB Hingga Terima Penghargaan

Sawangan, Depoksatu.com

Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok merupakan Kampung Peduli Tuberkulosis (Kapitu) setelah warganya dibentuk menjadi kader TB untuk melakukan pengawasan terhadap warga yang disinyalir menderita TB.

Menurut Lurah Sawangan Baru, Rahwana Kelurahan Sawangan Baru disebut Kapitu,  di kampung tersebut telah terbentuk kader TB yang jumlahnya 24 orang.

Tugas kader, lanjut Rahwana melakukan pengecekan dan pedataan terhadap warga yang disinyalir  penyakit TB, dari temuan tersebut kemudian warga penderita TB diobati hinggga sembuh, karena penyakit ini merupakan penyakit menular sehingga pengobatannya membutuhkan waktu lama sekitar 6 bulan.  

“Tugas kader ini tidak mudah karena penderita TB enggan terbuka apalagi melapor, tapi informasi dari warga  adanya indikasi TB sangat memungkinkan karena temuan di lapangan ada tiga orang warga penyakit TB,” kata Rahwana sebelum acara kegiatan  lanjutan penanggulangan  TB dan HIV di Kelurahan Sawangan Baru pada Rabu (12/4/2023).Kegiatan tersebut diselenggarakan Kasie Kemasyarakat, Yesiwar. 

Namun, dijelaskan Rahwana, ketiga warga tersebut  mau terbuka, kemudian dibawa ke puskesmas untuk diobati hingga sembuh. 

“Sekarang ini ketiganya sembuh dari tuberculosis setelah berobat secara intensif,” ucapnya.

Kapitu, lanjut dia, didirikan beberapa waktu lalu setelah hingga menerima piagam penghargaan dari Dinas Kesehatan Kota Depok. (dib)

Posting Komentar

0 Komentar