Program Sanlat SDN Sawangan 07 Dibuka, Ini Harapan Kepala Sekolah

Sawangan, Depoksatu.com

Pesantren kilat (sanlat) merupakan program pembiasaan yang dilaksanakan di sekolah, seperti praktik wudhu, salat, tadarus dan kegiatan ibadah lainnya.

Hal itu dikatakan Kepala SDN Sawangan 07, Susilawati terkait pembukaan sanlat yang dilaksanakan pada Senin (10/4/2023) di SDN setempat.

Kegiatan sanlat ini, dikatakan lebih lanjut, terkait dengan puasa Ramadhan 1444 H di mana siswa melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya praktik wudhu, salat dhuha, dan pembiasaan infaq untuk berbagi kepada yatim.

“Jadi, anak-anak (siswa SD, red) tidak hanya praktik salat dhuha tapi juga berpuasa, karena yang namanya berpuasa melatih kita jadi sabar, menahan lapar dan haus butuh kesabaran, kemudian sabar berperilaku yang baik,” ujarnya.

Diharapkan dengan kegiatan sanlat yang dilaksanakan di sekolah ketaqwaan siswa semakin meningkat. Kegaiatan sanlat, ditambahkannya, diikuti 330 siswa kelas 1 sampai 6. Mereka melakukan kegiatan  dari pukul 08.00 hingga selesai.

Sementara itu, Titin Suhartini, guru PAI menambahkan, sanlat diisi dengan kegiatan  keagamaan seperti praktik wudhu, salat dhuha dan materi lainya.

Kegiatan tersebut, lanjut dia,  dilaksanakan dari 10 hingga 12 ditutup dengan kegitan santunan yatim pada 14 April 2023.

Titin menambahkan, dalam pembukaan kegiatan sanlat para siswa di sekolah dinobatkan sebagai duta, di antaranya  duta upacara, duta literasi, duta menjawab soal, duta salat dhuha, duta pramuka, duta penghijauan, duta kebersihan. (Dib)

Posting Komentar

0 Komentar