Diskominfo Gelar Pelatihan Peningkatan SDM Perangkat Daerah

Balaikota, Depoksatu.com

Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo) Kota Depok menggelar pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Statistik Sektoral Perangkat Daerah (PD) Kota Depok di Bigland Sentul Hotel & Conversation.

Peserta pelatihan merupakan perwakilan dari 34 PD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM pengelola data di masing-masing PD. Sebagai produsen data, PD harus dapat melakukan pengolahan secara sederhana dan disajikan dalam bentuk demografis," ujar Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Depok, Nancy Olivia Rossa, Jumat (16/06/23).

Pelatihan yang digelar selama dua hari, 15-16 Juni 2023 tersebut menghadirkan tiga narasumber. Satu orang dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok dan dua orang dari Departemen Statitiskan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pada hari pertama, peserta diberikan materi tentang data awareness oleh BPS Kota Depok. Kemudian materi tata kelola data dan praktek pengolahan data menjadi sebuah informasi dari IPB.

"Di hari kedua peserta diajak melakukan penginputan data pada aplikasi Sadepok," katanya.  

"Semoga setelah pelatihan ini perangkat daerah selaku produsen data dapat menghasilkan data yang baik. Dalam hal ketersediaan data, kualitas data maupun keberlangsungan data," tandasnya.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar