Tim STBM Tinjau Wilayah, Putus Mata Rantai Pembuangan Limbah

Suasana Monev pemicuan STBM di RT 4/1 Kelurahan Sawangan Baru.


Sawangan, Depoksatu.com

Monev pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat  (STBM) di RT 4/1 Kelurahan Sawangan Baru ditindaklanjut dengan melakukan peninjauan lapangan.

Mohammad Rizal Ahsan narasumber dari UPTD  Puskesmas Sawangan mengatakan,  pembahasan hari ini Kamis 15 Juni 2023 adalah pemetaan wilayah di RW 01 Sawangan Baru terkait dengan monev dari STBM.

Dari pemetaan tersebut, lanjutnya, pihaknya melakukan peninjauan ke wilayah melihat secara langsung pembuangan limbah cair sembarangan yaiitu limbah bekas cuci pakaian, cuci piring dan sampah kemudian bisa diputus mata rantainya.

"Jadi kami melihat langsung ke lapangan, pembuangan limbah cair yang nantinya diputus mata rantainya" ulasnya.

Kemudian, lanjutnya,  yang akan ditindak lanjut oleh pihak kelurahan dari kondisi wilayah masalah di keluarganya masing-masing.

Hadir dalam acara tersebut, Kasie Kemas Kecamatan Sawangan, Madris mewakili Camat Sawangan, Anwar Nasihin, Kasie Kemas Kelurahan, Yesiwar dan para peserta lainnya.

Madris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan diantaranya memahami  lima pilar sanitasi.

" Dalam lima pilar sanitasi diantaranya setop BAB, cuci tangan sebelim makan, pengolahan air minum bersih, pengolahan sampah basah dan kering dan limbah cair," pungkasnya.

Azis, Ketua RW 1 mengatakan, kegiatan pemiciuan STBM manfaatnya sangat besar dalam menjaga kesehatan lingkungan. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar